Mengenal Perbedaan Vitamin D Dan D3 Serta Manfaatnya Bagi Tubuh

Written by Yuki on March 6, 2021 in lip with no comments.

Dalam beberapa tahun terakhir, kekurangan vitamin D telah dilaporkan sama lazimnya dengan 40% di populasi Eropa dan dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa kondisi, termasuk COVID-19, kanker, dan diabetes. Melansir dari Mdlinx, vitamin D bertanggung jawab untuk meningkatkan penyerapan kalsium, magnesium, dan fosfat usus. Hal ini penting untuk kepadatan tulang, membangun sistem kekebalan, dan mengatur pertumbuhan sel di antara fungsi biologis utama lainnya. Vitamin D (Pixabay/stevepb)Dikatakan, vitamin D juga penting untuk menjaga kesehatan tulang, sekaligus mencegah rachitis dan osteoporosis. Kurangnya vitamin D juga terjradi pada populasi forty persen di Eropa, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit COVID-19, kanker, dan juga diabetes.

Melansir Health, penderita obesitas yang mengonsumsi suplemen vitamin D dibarengi dengan suplemen kalsium mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak. Jumlah tersebut bisa dipenuhi dengan cara mengonsumsi makanan sumber vitamin D. Apabila ingin mengonsumsi suplemen vitamin D3, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis gizi, agar dosisnya dapat disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.

Pemenuhan kebutuhan nutrisi ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D atau suplemen tambahan. Sebelum mengonsumsi suplemen vitamin D3, sebaiknya konsultasikan dulu dokter atau ahli gizi agar dosisnya dapat disesuaikan dengan kondisi Anda. Manfaat utama vitamin D3 adalah membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat. Asupan vitamin D3 dari makanan atau suplemen baik dikonsumsi oleh orang-orang yang tidak mendapat cukup asupan vitamin D, baik dari sinar matahari maupun dari makanan.

Fungsi dari vitamin D

Untuk suplementasi vitamin D, boleh-boleh saja untuk dikonsumsi asalkan sesuai dengan dosis dan anjuran yang telah ditetapkan. Sebelum memilih suatu produk suplemen, Anda juga perlu memperhatikan komposisi dan indikasi penggunaannya. Hindari suplemen vitamin D saat kalsium dalam darah sedang tinggi, kecuali jika Anda mengonsumsinya dibawah pengawasan tenaga medis. Jika Anda mengkonsumsi steroid, Anda harus mendiskusikan vitamin D dengan dokter Anda.

Vitamin D bisa mencegah terjadinya gangguan kesehatan yang tidak berhubungan dengan tulang. Selain itu, mendapatkan asupan vitamin D yang cukup juga menurunkan kemungkinan Anda mengalami penyakit jantung. Dan yang paling penting, vitamin D membantu menjauhkan Anda dari serangan flu . Tak heran bila zat ini juga dianggap sebagai vitamin daya tahan tubuh anak sebab anak-anak yang sering bermain di luar ruangan dan terpapar matahari langsung relatif jarang mengalami flu. Kalsium dan fosfor merupakan dua faktor yang sangat penting dalam urusan menjaga kesehatan tulang.

Mengutip dari Health (health.com), vitamin D berguna untuk menjaga sistem imun tubuh sehingga infeksi virus dan bakteri bisa dicegah. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi suplemen vitamin D secara rutin dapat menurunkan risiko infeksi pernapasan akut. Beberapa literatur menyebutkan bahwa vitamin D3 merupakan bentuk paling alami dari vitamin D. Vitamin D3 berperan penting dalam mengatur kadar kalsium di dalam tubuh dan menjaga kekuatan tulang dan gigi.

Harapannya Prove D3 dapat menjadi bagian perjalanan keluarga Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan vitamin D,” tambah Ridwan. Vitamin D dibutuhkan oleh anak-anak hingga orang dewasa untuk menjaga kesehatan tulang. Selain berguna untuk tulang, masih banyak manfaat vitamin D yang bisa dirasakan oleh tubuh. Mulai dari mengatur kadar kalsium, sampai mencegah sejumlah penyakit serius.

Apalagi ketika kondisi tubuh benar-benar membutuhkan asupan suplemen vitamin D. Vitamin D membantu mempertahankan kadar kalsium dan fosfat di tubuh sehingga berdampak langsung pada kondisi kesehatan. Situs Bola Online Kekurangan vitamin D sering dijumpai pada orang yang tidak pernah terpapar sinar matahari. Umumnya di negara-negara bersuhu dingin di mana waktu siang hari relatif lebih rendah daripada malam hari.

Comments are closed.