Cukup Vitamin D Dan Sinar Matahari Agar Mencapai Kepadatan Tulang Yang Optimum

Written by Yuki on March 5, 2021 in lip with no comments.

Meski demikian, ada beberapa kondisi yang menyebabkan kulitmu lebih susah untuk menyerap vitamin D dari matahari, yaitu kondisi kulit gelap, usia tua, atau cuaca berawan. Perlu diketahui bahwa kamu tidak bisa mendapatkan vitamin D hanya melalui jendela rumahmu. Selain dari makanan, tubuh juga bisa mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari. Meskipun banyak gejala kelebihan vitamin D dikaitkan dengan kadar kalsium darah tinggi, beberapa peneliti mengungkap bahwa dosis tinggi juga dapat menyebabkan rendahnya kadar vitamin K2 dalam darah. Merupakan keluhan pencernaan umum yang sering dikaitkan dengan intoleransi makanan atau sindrom iritasi usus besar. Namun, berbagai kondisi tersebut juga bisa menjadi tanda peningkatan kadar kalsium yang disebabkan oleh asupan vitamin D berlebih.

Kondisi itulah yang menyebabkan Ibu hamil seringkali mengalami pegal, nyeri maupun kram di beberapa bagian tubuh. “Dengan rutin berjemur kita bisa memperoleh vitamin D yang diproduksi di kulit sehingga dapat membantu mencegah penularan infeksi virus COVID-19. Vitamin D merupakan salah satu vitamin larut lemak yang berperan dalam sejumlah fungsi penting untuk mempertahankan kesehatan dan mencegah penyakit,”lanjut dr. Cindiawaty. Jika dahulu masyarakat terbiasa berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk mendapatkan vitamin D, saat ini masyarakat lebih senang konsumsi Vitamin D dalam bentuk tablet untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Fungsi dari vitamin D

PORTAL JEMBER – Vitamin D merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak prohormon. Menurut penelitian, seseorang dengan kadar vitamin D yang rendah berisiko terkena a number of sclerosis dan beberapa penyakit autoimun seperti artritis, penyakit tiroid, penyakit Crohn, psoriasis dan radang usus. Vitamin D berperan penting dalam mengatur pertumbuhan sel dan interaksi antar sel. Salah satu bentuk vitamin D yang bernama kalsitriol dapat menghambat perkembangan kanker dengan menghambat pertumbuhan angiogenesis. Contohnya, vitamin yang larut dalam lemak bisa kita temukan di produk susu, mentega, dan minyak. Vitamin D dari sinar matahari atau makanan pada awalnya bersifat tidak aktif secara biologis.

Penelitian oleh Mehdi dkk di Iran, membuktikan bahwa suplementasi vitamin D tambahan (50.000 iU) perhari selama 10 hari dapat menurunkan glukosa darah pada pasien dengan diabetes melitus secara signifikan. Dosen senior Dr. Klaus Witte, yang memimpin penelitian itu, mengatakan temuan tersebut dapat memperbaiki dengan signifikan perawatan pasien gagal jantung. Lebih dari 160 orang pasien gagal-jantung turut dalam penelitian 5-tahun di fakultas kedokteran Universitas Leeds. Mereka menggunakan pengobatan yang sudah terbukti baik seperti beta-blockers, ACE-Inhibitors dan pacemaker. Seperti jamur maitake liar yang menyediakan sebanyak 2.348 IU vitamin D per porsi three,5 ons atau setara 300% dari RDI.

Studi terbaru yang diterbitkan dalam JAMA Network Open tahun 2020 meneliti hubungan antara kekurangan vitamin D dan risiko COVID-19. Studi ini menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang cukup dapat mengurangi kemungkinan seseorang mengembangkan infeksi COVID-19. Dalam kasus yang parah, anak bisa rentan mengalami patah tulang dan mengembangkan penyakit rickets. Beberapa varietas jamur mengandung vitamin D hingga 2.300 IU per porsi . Kandungan tinggi vitamin ini sulit didapat pada jamur yang tidak terpapar sinar matahari.

“Di tengah pandemik COVID-19 ini, roda ekonomi harus tetap bergerak sehingga kita semua sudah kembali beraktivitas, sambil tetap memperhatikan protokol kesehatan. Oleh karena itu, masyarakat harus bisa menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, dimana salah satunya dapat diperoleh melalui vitamin D. Untuk itu Kalbe menghadirkan Prove D3 dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan vitamin D harian keluarga,” lanjut Ridwan. Kelenjar paratiroid akan merangsang usus dan ginjal memproduksi vitamin D apabila kadar kalsium dalam tubuh berkurang.

Ya, manfaat sinar matahari pagi mampu membantu tubuh menciptakan vitamin D yang berfungsi salah satunya meningkatkan imun tubuh. Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Medistra, dr Cindiawaty Pudjiadi MARS mengatakan, menjaga daya tahan tubuh di new regular merupakan suatu keharusan Bandar Slot Online bagi semua orang. Salah satunya, dengan rutin berjemur untuk memperoleh vitamin D yang diproduksi di kulit sehingga dapat membantu mencegah penularan infeksi virus Covid-19. Vitamin D ialah vitamin yang larut dalam lemak dan salah satu unsur paling penting bagi tubuh.

Comments are closed.