Ketika Anak Lebih Patuh Pada Guru Ketimbang Orangtua, Ini Penyebabnya

Written by Yuki on September 12, 2020 in Trik agar tumbuh sehat with no comments.

Ketika anda mengharapkan anak anda bisa tumbuh dan menjadi seorang anak dengan perilaku yang bersahaja dan baik, maka perbaiki terlebih dahulu sikap kita dan jadilah contoh yang baik untuk mereka. Pelajaran paling jitu yang bisa diberikan pada anak tidak hanya terbatas pada teori dan nasihat, namun juga harus dibarengi dengan praktik dan kenyataan. Selain itu, anak-anak umumnya akan meniru apa yang mereka saksikan.

Saat anak menoleh dan memperhatikan Mama, katakan dengan baik apa yang perlu anak lakukan. Dengan menjelaskan sebab akibatnya, anak kemudian bisa fokus apa yang harus dilakukannya. Serta hindari memarahi anak, karena dengan memarahinya anak justru tidak mudah mengerti apa masalahnya dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Ada orangtua yang gemar memanjakan dan memiliki sedikit tuntutan atau harapan . Sebelum terlalu jauh, cobalah untuk memahami bahwa memarahi dan membentak anak bukanlah cara yang tepat.

Ketidakpatuhan pada anak dapat diperbaiki melalui komunikasi dan strategi yang tepat serta membentuk hubungan baik dengannya. Adapun dari istri beliau shalallahu ‘alaihi wasallam yakni Maria Qibtiyah, Nabi SAW memperoleh anak laki-laki bernama Ibrahim. Jalinlah komunikasi dengan gurunya secara teratur guna mengetahui hal-hal yang terjadi sehari-hari di sekolah. Jika anak membutuhkan bantuan ekstra, aktiflah membantunya atau akan lebih baik lagi jika Anda bisa melakukannya bersama-sama.

Nada suara yang tenang akan membuat anak tergerak untuk mengikuti perkataan Anda. akal sehat anak-anak bisa menjadi alat yang ampuh.” Ini bekerja untuk Kristine Mancusi dari Wallington, New Jersey. Mereka mengambilnya, dan hanya itu.” Dan jangan menyebut obat sebagai permen. “Jangan pernah melakukan itu; Anda tidak ingin mereka mencarinya dan berisiko overdosis,” kata Dr. Tolcher. Gunakan strategi yang telah terbukti ini, dari dokter dan orang tua asli, ketika taktik “pesawat terbang dan mobil sedang isi bensin” gagal.

Ambil contoh, Anda menyuruh si kecil untuk tidur saat ia sedang asyik menonton TV. Namun, komunikasi antara anak dan orangtua tentu harus berjalan dua arah. Selain itu, Ibu bisa menggunakan teknik ‘memanggil nama anak’ ketika mengajaknya berbicara supaya anak nurut.

Anak bisa marah karena tidak mendapatkan yang diinginkan atau bisa juga karena tidak bisa mengungkapkan perasaanya. Disinilah tugas orang tua untuk mengenai emosi yang dialami sang anak dan apa yang menyebabkannya. Untuk memulai mendidik anak di usia semuda itu tentu ada three kunci yang harus diingat agar tidak salah langkah. Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimum untuk memberi makan kepada bayi.

Cara agar anak patuh

Mengoreksi kesalahan anak atau mendisiplinkan mereka di depan orang lain juga harus dihindari. Perasaan tidak berdaya akibat dipermalukan bisa memicu depresi pada putra-putri Anda. Dengan begitu mereka sendiri kelak juga dapat menjadi orang tua yang baik bagi generasi selanjutnya. Hal-hal di atas terlihat sederhana, namun mengajarkan kedisiplinan sejak dini dapat membuat anak Mama berperilaku dengan baik sesuai dengan ajaran yang sudah diajarkan Mama.

Comments are closed.