Bagaimana Mengatasi Anak Susah Makan?

Written by Yuki on June 16, 2020 in Beberapa tips sebelum menjadi orangtua with no comments.

Nah untuk mengatasinya, berikut 5 cara yang perlu kita lakukan agar anak tak lagi sulit untuk makan. Mulai anak gampang terserang sakit, berat badan anak yang akan turun, dan bisa pula kekurangan gizi yang diperlukan tubuh anak untuk tumbuh kembangnya. Walaupun hadih yang diberikan sebenarnya jika dinominalkan nilainya tidaklah seberapa. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menarik perhatian agar anak mau makan. Walaupun tujuan anak tersebut adalah mengejar hadiah tapi setidaknya dia mau menyantap makanannya.

Ketika bayi susah makan diakibatkan oleh gangguan kesehatan, Mama tidak perlu ragu untuk segera membawanya ke dokter. Dengan diagnosa yang akurat dan mendetail, Mama bisa segera mengetahui penyebabnya dan mendapatkan solusi yang tepat dari dokter. Entah itu berbentuk obat, atau cukup dengan mengubah pola makan si Kecil. Jadi Bunda……mengatasi anak yang susah makan memang membutuhkan kesabaran orang tua terutama ibu, hal ini juga dapat menjadi sarana untuk menambah kedekatan anak dengan ibu. Berikut ideas yang bisa Anda lakukan agar anak mau makan nasi sehingga asupan nutrisinya terlengkapi. Kebiasaan anak yang susah makan tidak bisa disepelekan karena dapat menghambat tumbuh kembang anak.

Selalu Mengemut MakananBiasanya anak akan mengemut makanan ketika sedang tumbuh gigi atau bosan dengan menu makanan. Selain itu, bisa juga karena mau naik tekstur makanan, jika karena naik tekstur maka hari selanjutnya sudah mau untuk makan lagi. Bila makanan yang disukai oleh anak tidak sehat dan membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya, maka jangan memberi si anak makanan tersebut setiap kali waktunya makan. Memanjakan anak Anda dengan hanya menawarkan makanan tidak sehat yang ia sukai agar ia mau makan, dapat menyebabkan gangguan nutrisi dan kesehatan dalam jangka panjang. Tawarkan makanan bergizi lainnya pada saat makan atau Anda dapat memulainya sebagai cemilan. Food jagsadalahkondisi dimana si anak hanya maumengkonsumsi satu jenis makanan sajadalam suatu kurun waktu tertentu.

Tentu dengan suasana makan yang menyenangkan, anak akan lebih senang menyantap makanannya. Kondisi anak susah makan ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Cara mengatasi anak susah makan untuk kasus yang satu ini butuh keteguhan hati. Sebaiknya, batasi waktu interaksinya dengan hal-hal yang mengalihkan perhatian si kecil dari santapannya. Pada usia 1 tahun ke atas biasanya anak mulai punya ego, hanya makan yang dia mau, sehingga meskipun sudah jam makan dan kita memaksa menyuap, anak tetap tidak mau.

Anak anak akan cenderung menjadi lemas, enggan beraktifitas, serta tidak jarang bahkan bisa mengalami dehidrasi. Sebagai orang tua tentunya kita wajib melakukan berbagai cara untuk mengatasi anak yang susah makan. Biasakan untuk mempraktikkan pola makan teratur sebagai salah satu cara mengatasi anak susah makan. Anda bisa menyajikan makanan dan camilan pada waktu yang sama setiap hari. Semoga penjelasan tentan cara mengatasi anak susah makan di atas bisa menambah wawasan Sedulur dalam merawat anak.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Jauhkan anak dari televisi, hewan peliharaan, dan mainan saat makan agar ia lebih berkonsentrasi. Berbagai kegiatan menarik yang berhubungan dengan makanan bisa menjadi ide bagus sebagai cara mengatasi masalah anak susah makan. Dalam kondisi ini, tidak menutup kemungkinan anak jadi lebih susah makan, bahkan enggan mencoba jenis makanan baru.

Berbagai hal yang membuat proses makan harian anak terganggu harus dikenali sedini mungkin sehingga bisa segera dicari tahu penyebab yang mendasarinya. Sisi baiknya, cara ini dapat mengajarkan anak untuk lebih memahami kapan tubuhnya merasa lapar dan kapan sudah cukup makan. Setelah anak merasa sudah kenyang, jangan paksa ia untuk terus menghabiskan sisa makanan di piringnya. Jadi, sebelum meminta anak untuk mencoba makanan baru atau menghabiskan makanan yang Anda sajikan, berikan contoh dulu.

Comments are closed.