5 Cara Membuat Anak Patuh Pada Orangtua

Written by Yuki on September 11, 2020 in Trik agar tumbuh sehat with no comments.

Urbanhire – Di kehidupan sehari-hari, kita akan akan menjumpai individu dengan berbagai karakter yang berbeda. Hal tersebut pun akan Anda jumpai saat Anda memasuki wilayah kantor. Anda akan bertemu dengan berbagai macam orang yang memiliki sikap dan sifat yang berbeda. Karena Anda sudah lama bekerja di tempat itu, Anda pun mengenal medan di sekitar Anda.

Cara agar anak patuh

Untuk bantu anakp atuh pada aturan dan rutinitas barunya, Anda bisa mulai membiasakansejak dini agar sikecil disiplin dan terbiasa dengan semua rutinitas barunya. Cara terbaik untuk mengajarkannya, yakni dengan menjadi orang yang jujur. Ya, Anda harus menjadi orang yang jujur untuk mengajarkan nilai kejujuran padanya. Biarkan ia mengetahui sikap jujur Anda, baik pada pasangan Anda, tetangga Anda, atau orang dewasa lainnya. Dan, usahakan untuk tidak bereaksi berlebihan ketika mengatasi Si Kecil yang tengah berbohong pada Anda.

Hindari membeberkan kesalahan anak di depan banyak orang karena itu akan mempermalukan dan menurunkan harga dirinya. Pilihlah tempat yang sepi, ketika anak mulai tenang dan bisa menerima semua nasihat dengan baik. Salah satu cara terbaik untuk menerapkan sikap hormat adalah dengan bersikap baik dan berlaku tegas dalam setiap disiplin yang diterapkan.

Sebagai orangtua pasti menginginkan anaknya untuk mendapatkan yang terbaik dalam hidup mereka. Namun, terkadang melakukan sesuatu yang berlebihan malah akan membatasi anak untuk mendapatkan hal baik dari hidupnya. Mungkin orang tua bermaksud baik atas kritik yang diberikan namun salah-salah mengkritik dapat menghancurkan kepercayaan diri si anak. Orang tua yang termasuk kategori toxic dad and mom biasanya melakukan cara apapun termasuk cara yang dapat mencelakakan atau merusak anak demi memenuhi kebutuhan orang tua sendiri. Contohnya melakukan kekerasan seksual, kekerasan emosional, fisik, dan pengabaian pada anak. Namun, Islam menegaskan beberapa sikap yang mesti dihindari agar anak memperoleh rida orang tua.

Langkah paling mudah untuk melakukannya lagi-lagi menjadi position model alias teladan yang baik. Saat Ayah dan Bunda melihat anaknya melakukan hal-hal yang positif, berikan ia pujian. Dengan begitu, anak akan semakin semangat untuk meninggalkan kebiasaan nakalnya.

Comments are closed.