3 Cara Ini Bantu Orang Tua Bangun Komunikasi Dengan Anak Remaja

Written by Yuki on September 6, 2020 in Trik agar tumbuh sehat with no comments.

Terlebih dengan rasa ingin tahu mereka yang tinggi, mereka cenderung lebih percaya dengan insting yang mereka miliki, dibandingkan dengan perkataan orangtuanya sendiri. Misalnya untuk memenuhi kewajiban anak seperti makan bergizi, tidur tepat waktu dan lain sebagainya. Jadi orang yang pertama tahu information & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Selain itu, alihkan fokus anak dari hal negatif ke aktivitas yang lebih positif.

Cara agar anak mau mendengarkan kata orang tua

Parahnya, orang tua yang berperilaku toxic tidak akan mengakui kesalahan mereka pada anak dan tidak peduli jika mereka akan melakukan perilaku tersebut pada anak di kemudian hari. Hal ini tentunya akan menciptakan lingkungan yang tidak sehat untuk tumbuh kembang anak secara psikis dan psychological. Orang tua seringkali memaksa anak untuk mematuhi perintah dan melakukan hal-hal yang mereka harapkan. Sayangnya, hal tersebut tidak diikuti dengan memperhatikan kemampuan dan perkembangan sang anak. Sikap yang terus-menerus dilakukan ini akan membuat anak tertekan, capek, dan akhirnya melawan perkataan orang tua.

Mengutip Aha Parenting, penelitian menemukan bahwa ketika kita merasa terhubung dengan orang lain, kita lebih terbuka terhadap pengaruhnya, jadi Bunda membuat anak mau untuk mendengarkan. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat. Tanpa memahami alasannya, anak akan tetap bermalas-malasan dan mengabaikan perintah Mama. Kebanyakan dari orangtua sering kali ceramahi anaknya menggunakan kata yang rumit serta panjang lebar. Maka dari itu, gunakan kata sesedikit mungkin saat Mama memberikan instruksi. Ketika kita merasa terhubung dengan orang lain, kita akan lebih terbuka terhadap pengaruhnya, jadi Mama membuat anak mau untuk mendengarkan.

Salah perlakuan sedikit saja, mungkin bisa membuat anak semakin enggan menuruti apa yang Anda minta. Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah mengalami masalah dalam hidup, sebagai proses dan ujian untuk menjalani kehidupan yang lebih. Keterpurukan akibat sebuah masalah adalah hal yang sangat wajar. Percaya atau tidak, terlalu memanjakan anak secara berlebihan justru membuatnya tidak bisa mandiri dan cenderung mengabaikan kewajibannya.

Orang tua harus konsisten terhadap ppenjelasan yang diberikan pada anak. Namun ketika tidak batuk anak diperbolehkan minum es sebanyak apapun. Berikan penjelasan yang sesuai sehingga dalam beberapa situasi Anda tidak perlu mencari alasan- alasan lain untuk anak bisa mengerti. Dalam beberapa situasi yang sama, pada akhirnya anak akan mengerti dan bisa membedakan mana yang boleh dan mana yang tidak tanpa harus memaksakan diri.

Si kecil yang sedang mengeksplorasi diri serta lebih percaya dengan instingnya, seakan membuat anak terkesan membangkang. Misalnya saat anak menolak makan di jam makan, sulit tidur, ingin terus bermain atau display time, memang menunjukkan kesan bahwa mereka tidak menurut dengan perintah orang tua. Namun jika ditelusuri lebih dalam, mereka memang sedang berada di fase eksplorasi. Cara orang tua memilih gaya berkomunikasi dengan anak akan berdampak pada kemampuan anak untuk mendengarkan dan belajar dari orang tua. Jika orang tua tidak puas dengan reaksi anak, cobalah untuk menerapkan tip dari lamanFamilyshareberikut ini.

Semakin sering orang tua berkomunikasi dengan anak, anak menjadi lebih percaya diri, lebih ceria, dan mempengaruhi kecerdasan anak. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya komunikasi efektif antara orang tua dan anak, antara lain anak dapat belajar bagaimana berkomunikasi efektif karena melihat yang orang tua mereka lakukan. Dengan komunikasi efektif, anak pun merasa didengarkan dan dipahami sehingga dapat menumbuhkan penilaian positif dan penghargaan terhadap anak itu sendiri.

Peneliti merekam interaksi dan percakapan yang dilakukan orangtua terhadap anak selama dua hari. Sama halnya dengan ditakut-takuti, anak yang kerap dibohongi saat masih kecil akan menjadi terbiasa dengan kebohongan-kebohongan yang ditanamkan oleh orang tuanya. Saat nanti ia sudah besar, ia tentu akan menganggap berbohong adalah hal yang wajar untuk dilakukan karena semua orang termasuk orang tuanya juga melakukannya. Meminta maaf atas sebuah kesalahan adalah tindakan yang mulia dan kesatria.

Penyebab lainnya, perkembangan emosi anak masih labil, meski seiring berjalannya waktu akan membaik dengan sendirinya. Apalagi adik-kakak di rentang umur berdekatan, hanya berdua, dan punya intensitas interaksi cukup sering hampir pasti tumbuh love-hate relationship. Mereka merasa perlu berkompetisi di dalam rumah dan menjadikan orang tua sebagai pengadil. Untuk mengembangkan potensi anak dengan gangguan spektrum autisme, diperlukan pemahaman mengenai tanda dan gejala yang dialami anak tersebut agar bisa mendapatkan intervensi yang optimal.

Meski terdengar sederhana, kata-kata memiliki kekuatan yang besar dalam mendidik anak. Kalimat yang orang tua ucapkan ke anak adalah benih dari sifat dan karakter anak itu sendiri. Kata-kata yang positif akan tumbuh menjadi sifat yang positif dan begitu pula sebaliknya. Dikaruniai buah hati memang merupakan anugerah yang indah, sekaligus tanggung jawab yang besar. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa peran orang tua adalah tugas yang berlangsung seumur hidup.

Comments are closed.